Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta

Untuk mendukung peningkatan tersebut, maka BBP3KP melakukan kegiatan inkubasi bisnis proses pembinaan dan pendampingan usaha yang diberikan oleh Inkubator kepada tenant selama maksimal 2 tahun masa inkubasi). [newline]Dalam melakukan proses produksi yang dikelola unit bisnis perlu dilakukan penataan sistem manajemen bisnisnya. Kegiatan dilakukan untuk meningkatkan UMKM “Karang Tumaritis” dengan langkah, . Merencanakan bisnis dengan tepat, dimulai dengan memberikan pelatihan kewirausahaan makanan olahan ringan, . Merancang sistem manajemen bisnis dalam pengelolaan unit produksi, meliputi pelatihan membuat Standard Operating Prosedur untuk menjaga kualitas produk tetap baik, . Aplikasi penggunaan unit mesin penggorengan otomatis, langkah ini adalah pengoperasian “Mesin penggoreng otomatis hemat energi”, .

Perbedaannya dengan usaha besar dapat dilihat dari jumlah kekayaan bersih pelaku usaha dan hasil penjualan tahunan. Pemilik bukanlah satu-satunya orang yang mendapatkan keuntungan dalam membangun usaha kecil menengah. Karena dengan banyaknya usaha kecil menengah yang tumbuh di Indonesia, semakin banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dan juga peningkatan penghasilan dalam negeri. Maka dari itu tidak heran usaha kecil menengah menjadi salah satu kekuatan penggerak roda perekonomian di Indonesia.

Karena beberapa alasan inilah bisnis kuliner memiliki peluang yang menjanjikan. Bisnis kuliner selalu memiliki peminat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, tergantung dengan produk yang Anda jual. UMKM di Indonesia semakin menunjukkan pertumbuhan yang baik terutama di bidang makanan dan minuman. Dilansir dari wartaekonomi.co.id, Kementerian Perindustrian menjelaskan bahwa sektor bisnis makanan dan minuman mengalami pertumbuhan sebesar 30% pada akhir tahun 2020. Layani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa bukan sekadar kata-kata sehingga pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali.

Inilah yang menyebabkan UMKM di bidang style terus berkembang dan tetap menjanjikan keuntungan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kreativitas pemilik usaha pun menjadi salah satu kunci bisnis ini tetap bertahan dari tahun ke tahun. Karena setiap hari orang selalu mencari makanan , Bisa dipastikan bahwa bisnis kuliner memang tidak akan pernah ada matinya. Contoh di bidang kuliner untuk UMKM adalah jualan cemilan, membuat restoran mini atau cafe. Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Yogya diminta untuk melakukan sejumlah upaya dan berinovasi agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi world Covid 19 ini.

Sehingga menghasilkan gebrakan yang hebat di bidang kulinari mengikuti selera pasar. Upaya mendigitalisasi proses bisnis pelaku UMKM, terutama yang masih asing dengan perkembangan teknologi, masih sulit karena terbentur pola pikir pelakunya sendiri. “Jadi walaupun kita bicara digitalisasi, kita tetap harus melakukan pendampingan. Pendampingan itu macam-macam bentuknya, bisa melalui coaching, teaching, gathering, dan konsultasi.

Umkm dengan inovasi makanan

Sebab, melalui penjualan secara online bisa memperluas pasar sekaligus mendatangkan pembeli baru baik di dalam negeri maupun dari luar negeri,’’ tandas Ema. Jika tak pandai mengelola dana yang dimiliki, pelaku usaha bisa gagal dalam mengembangkan bisnis dan terancam gulung tikar. UKM atau ada pula yang menyebutnya UMKM adalah aktivitas usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan.

Sebanyak 67% pelaku usaha mengalami ketidakpastian dalam memperoleh akses dana darurat, dan 75% merasa tidak mengerti bagaimana membuat kebijakan di masa krisis. “Sementara, hanya 13% pelaku usaha yakin, mereka memiliki Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19 rencana penanganan krisis dan menemukan solusi untuk mempertahankan bisnis mereka,” terangnya, Senin (14/12). Salah satu Dosen Unsika yang terlibat dalam pendampingan ini Kholidah Atiyatul Maula memaparkan, berdasarkan hasil survei, sebanyak 96% pelaku usaha di Indonesia mengaku sudah mengalami dampak negatif Covid-19 terhadap proses bisnisnya. Beberapa aplikasi laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis UKM adalah Lamikro, Jurnal, atau Sleekr. Lamikro sendiri merupakan aplikasi laporan keuangan yang dibuat oleh Kementerian KUKM dan tersedia secara gratis untuk para pemilik bisnis UMKM. Sedangkan Jurnal dan Sleekr adalah layanan laporan keuangan on-line berbayar.

Sekitar 250 outlet usaha kuliner di 27 lokasi telah tersebar di tiga wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Medan sejak Dapur Bersama GoFood didirikan. Selain itu eighty persen anggota Dapur Bersama GoFood adalah UMKM dan seluruh personil resto di Dapur Bersama merupakan karyawan langsung mitra usaha GoFood. Gojek sendiri konsisten memberikan solusi yang paling lengkap guna membantu pelaku UMKM beradaptasi di tatanan baru dan terus bertumbuh dengan memperluas pasar melalui proses digitalisasi. Mulai dari teknologi yang mempermudah manajemen operasional bisnis, layanan logistik dan pembayaran, hingga inovasi yang melampaui teknologi seperti pelatihan keterampilan dan fasilitas Dapur Bersama. Di kala awal merintis bisnis, ia sempat memberikan masakan untuk dicoba pada keluarga terdekat, dan semua bilang enak.

“Memang benar pandemi memberiman imbas yang sangat signifikan pada pelaku UMKM. Semoga setelah PPKM Kudus levelnya menurun bisa dipasarkan dengan baik lagi dan produksi meningkat,” paparnya. Sejak tahun 2018 lalu JD.ID fokus pada strategi O2O (online-to-offline), dimana strategi bisnis omni-channel yang mengkombinasikan dua saluran bisnis berbeda untuk melengkapi satu sama lain. Tahun ini JD.ID bekerjsama dengan Sinarmas Land menghadirkan gerai JD HUB. ” kalau orang bicara kembang tropis harus dari kita. Kalau begitu, saya izin enggak pakai teori. Carikan saya 10 jenis dan kita kembangkan se-Indonesia dan itu bisa menundukkan dunia. Kan, Anda bisa ekspor, kan?” tandasnya.