Kemajuan Umkm Juga Dipengaruhi Komunitas Yang Aktif Maju Bersama

Untuk membahas lebih dalam, #SelasaStartup kali ini mengundang Founder dan CEO Tribelio Denny Santoso. Tribelio adalah startup yang menyediakan platform manajemen satu pintu untuk membantu orang-orang yang ingin membangun komunitas dan memperoleh pendapatan dari keberadaan komunitas di dalam bisnis mereka. Strategi pertama adalah mengadakan sebuah acara atau sebuah makan malam bersama, lebih baik jika menggabungkan keduanya. Mengumpulkan orang atau dalam hal ini startup dalam sebuah acara atau sebuah makan malam bersama bisa menjadi awal yang baik untuk membentuk perkumpulan atau komunitas.

Dari berbagai rekomendasi tersebut, tentu mengoperasikan bisnis menjadi lebih mudah karena Anda berada di dalam komunitas bisnis yang bisa Anda percaya untuk memajukan usaha. Komunitas bisnis memiliki semua jenis sumber daya yang dapat membantu menjalankan bisnis Anda lebih mudah. Sebagai pusat bisnis terbesar di Indonesia, Jakarta menjadi tempat berkumpulnya para pebisnis sukses dari seluruh penjuru Nusantara yang menggerakkan mesin bisnisnya dari ibukota. Selain itu, banyak pula para pebisnis pemula yang mencoba peruntungannya di Jakarta, sehingga tidak aneh jika banyak komunitas bisnis Jakarta yang mewadahi para pegiat bisnis dengan segala aktifitasnya.

Perkumpulan Bisnis di Indonesia

Komunitas bisnis tersebut didasarkan atas kesamaan nilai-nilai, yang pada akhirnya memberi peluang kepada pelaku bisnis untuk dapat bekerja sama satu sama lain guna mengembangkan bisnisnya. Komunitas bisnis memungkinkan Anda memiliki kedekatan antara anggota satu dengan yang lain. Hal ini merupakan kesempatan Anda dan rekan pebisnis untuk saling mengobrol dan bertukar pikiran. Dalam second seperti ini sering muncul informasi atau gagasan-gagasan baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Misalnya, dari sharing dengan anggota komunitas Anda menjadi tahu tentang strategi bisnis yang baru, dan sudah berhasil diterapkan. Bagi seorang start-up, kita harus terus belajar kepada siapapun yang memungkinkan untuk kita bisa maju dalan usaha.

“Kami datang bukan untuk menyampaikan sistem Multi Level Marketing , tidak berafiliasi dengan partai manapun, dan juga bukan merupakan alumni 212,” paparnya. Perkumpulan Wirausaha Muslim Indonesia bekerjasama dengan Kankemenag Kabupaten Banjarnegara melalui Penyuluh Agama Islam Non PNS dari 20 Kecamatan masing – masing 3 Orang Penyuluh Agama Non PNS yang belum mempunyai Mobil dan Kriteria diutamakan perempuan. Sosialisasi Program pemberdayaan ekonomi Muslim menuju wirausaha mandiri, Kamis, 7 Maret 2018 di Aula Kantor Kementerian agama Kabupaten Banjarnegara. Setelah memiliki NPWP, Penanggung jawab Perkumpulan masih perlu mengajukan Pendaftaran Perkumpulan ke dinas sosial setempat dan mengajukan Izin Operasional atas Organisasi sosial/ Perkumpulan tersebut ke dinas sosial setempat.

Investor harus cermat dalam memilih layanan investasi yang ada di web, serta terus memantau perkembangannya. “Perbanyak membaca, sehingga kita tidak tersesat berinvestasi,” ujar dia. Pemateri ketiga, Achmad Herman, memaparkan materi bertema “Mengubah Konsumtif menjadi Produktif”. Menurut dia, agar terhindar dari budaya konsumtif di tengah kemudahan berbelanja daring, warganet harus membiasakan pola hidup hemat, hindari berutang, menggalakkan investasi, serta mengutamakan kebutuhan daripada keinginan berbelanja.