Inovasi Dan Kreativitas Pelaku Usaha Umkm Di Era Covid

Bisnis ini dibutuhkan oleh masyarakat masa kini yang akrab dengan dunia maya. Selain potensial, bisnis teknologi internet juga memiliki lingkup yang luas sehingga memungkinkan beragam inovasi dan eksplorasi. Hal ini juga didukung oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, pelatihan, dan lainnya.

Ia menyadari bahwa terjun di dunia penjualan secara digital memerlukan sumber daya yang lebih, khususnya alokasi waktu. Hingga berjalan 10 bulan -pandemik virus corona melanda- sebagian pelaku usaha yang bisa bertahan dan tetap produktif merasa bersyukur. Meski demikian, mereka dipaksa untuk memutar otak agar bisnis tetap berjalan pada masa pandemik, yang belum tahu kapan berakhir. Selain itu, kapasitas produksi UKM biasanya tidak sebanyak usaha besar karena tenaga produksi yang terbatas. Hal ini membuat pelaku bisnis tidak bisa mengambil semua order yang ada, terutama dalam skala besar yang memberikan untung banyak.

Kegiatan promosi merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk kita ke pasaran. Namun promosi yang dilakukan secara on-line dirasa lebih efisien, karena dapat menjangkau seluruh nusantara bahkan hingga ke mancanegara. Dengan berkembangnya zaman, para pemilik usaha menyulap tempat usaha mereka menjadi tempat makan yang nyaman dan juga membuat betah para konsumen untuk berlama-lama, sehingga menjadi ramai dikunjungi pembeli. Anda akan mengunjungi tempat makan hanya untuk bersantap lalu kemudian setelah selesai akan langsung pulang. LINK UMKM – Industri kuliner saat ini mengikuti perkembangan zaman, mulai dari inovasi rasa hingga tampilannya.

Contohnya, di dunia kuliner, sekarang ini yang sedang tren adalah makanan-makanan Korea. Jangan-jangan, malah bisa laku keras dan konsumen suka dan jadi menu tetap. Atau, misalnya saja di toko sebelah sempat ramai karena menyajikan menu kopi yang sedang tren, yaitu kopi dalgona.

Bisnisfashion juga berpotensi menghasilkan revenue yang besar, terutama pada momen tertentu seperti hari raya. Tren mode yang terus berganti seiring perubahan zaman membuat bisnis ini tidak pernah jalan di tempat. Anda bisa mengembangkan UKM di bagian produksi maupun jual beli produk style, baik di toko konvensional, maupun online.

Umkm dengan inovasi makanan

Selain bidang makanan , salah satu jenis UMKM yang juga sangat diminati dan juga menjanjikan profit yang cukup besar adalah UMKM, di bidang Fashion. Setiap tahun tren style selalu mengalami perubahan dan setiap orang , terutama yang selalu update fashion terbaru, akan terus mencari banyak referensi busana yang mereka inginkan. Juga diluncurkan pasar digital, sebanyak 8 juta UMKM telah memasarkan produk secara daring. Targetnya tahun ini bisa melampaui 10 juta UMKM yang bermigrasi ke digital. “Dibutuhkan lokomotif yang kuat untuk menarik gerbong besar ini,” katanya. Kementerian, katanya, mengintervensi agar usaha kecil semakin kuat dan naik kelas menjadi usaha menengah.

“Kemudian menu baru kita keluarkan. Menu harga hemat karena keuangan lagi seperti ini. Menu paket promo dan lainnya. Dengan inovasi seperti itu omsetnya meningkat. Walaupun nggak terlalu signifikan sekali. Cukup untuk gaji karyawan,” terangnya. “Mengeluarkan menu baru, menu yang pas buat kondisi pandemi. Jadi kita ngeluarin menu healthy. Kita ngeluarin menu honey lime. Buat meningkatkan pelanggan di masa pandemi,” tandasnya. Di samping itu, Jody juga mengeluarkan beberapa menu baru yang sehat untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Sehingga preferensi makanan mereka mulai berubah, yakni ke arah makanan sehat dengan sayur dan tidak banyak mengandung gula.

Tuku, Maxx Coffee, Roempi Coffee, Kopitagram, Anomali Coffee, Titik Temu Coffee, dan lainnya mulai menyediakan kopi dengan ukuran satu liter. Kopi literan ini bisa dipesan di e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak, maupun Grab dan Gojek. “Untuk usaha kuliner dan jasa makanan makin banyak peminatnya. Kami menjembatani agar usahanya berkembang. Misalnya usahanya begitu saja. Kini mereka bisa kami bantu agar lebih menarik,” kata dia. Tapi, kita tidak bisa mengikuti tren terus menerus, karena kelamaan kita akan kelelahan sendiri. Produk kitalah yang harus jadi andalan utama, harus punya nilai unik dan nilai jual yang tidak ada di produk serupa lainnya.

Ambil sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, akuntan Anda, atau bahkan vendor dan pelanggan. “Kemudian membangun angkatan kerja dengan keterampilan yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan kelas menengah, termasuk keterampilan kognitif, interpersonal, dan digital,” tandasnya. Bahkan jika dilihat dari kontribusi ekspor, UMKM Indonesia juga masih rendah sekitar 14% atau jauh di bawah China dengan sumbangsih 70% hingga Jepang yang sebesar 54%.

Menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. Walaupun Anda menawarkan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa menjadi kendala. Pernahkah bermimpi suatu saat nanti produk yang Anda produksi bisa dijual di store-store luar negeri? Saat ini sudah banyak lho produk hasil karya anak bangsa termasuk makanan/minuman yang sudah melanglang buana ke negeri orang. Ditambah semakin maraknya penjualan on-line saat ini, yang mampu menjangkau pasar lebih luas, tidak terbatas wilayah dan waktu. Namun, pemilik bisnis UKM harus menyadari bahwa dana yang dikeluarkan untuk investasi di bidang teknologi informasi mampu membuat pengelolaan usaha kecil menengah semakin mudah, efektif, dan efisien sehingga dapat meningkatkan keuntungan.